Resep Kolak Biji Salak Candil Lezat Praktis

3 Likes Comment
Resep Kolak Biji Salak – Atau kolak candil ini merupakan makanan khas nusantara yang mempunyai rasa anggun dan yummy serta kuah santan yang gurih. Menu ini termasuk ke dalam salah satu hidangan yang sangat terkenal pada bulan ramadhan sebagai hidangan favorit dikala berbuka puasa.
 
Bentuk umumnya yakni bulat-bulat sebesar kelerang dengan tekstur yang kenyal dan empuk, walaupun kita juga dapat kreasikan dengan bentuk kotak atau yang lainnya. Selain disajikan dengan saus santan yang terpisah sehingga dosis santan dapat diubahsuaikan dengan selera dikala mau disantap, santan juga dapat disatukan dikala memasaknya semoga lebih simpel dan kuah menjadi lebih gurih.
 
Cara menciptakan kolak biji salak juga dapat bermacam materi yang biasa digunakan, salah satunya yakni dari penggunaan ubi jalar ungu, orange atau kuning. Dalam sehari-hari kolak berbahan ubi jalar ini juga dapat dihidangkan sebagai makanan alternatif, hidangan hidangan epilog atau hidangan hidangan lainnya ibarat hidangan sarapan bahkan disaat kumpul-kumpul.

RESEP KOLAK BIJI SALAK

Resep Kolak Biji Salak Candil Lezat Praktis
Kita dapat menciptakan kolak berkuah santan ini dengan cara gampang dan simpel dengan cita rasa kuah kolak biji salak yang enak, anggun dan gurih dengan mempersiapkan bahan-bahannya :
  • 500 gram ubi jalar kuning
  • 200 gram tepung tapioka
  • 1-2 lembar daun pandan disimpul
  • 250 gram gula merah disisir
  • 1 bungkus (65 ml) santan kara
  • 1 liter air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili

CARA MEMBUAT KOLAK BIJI SALAK

  1. Bersihkan ubi kuning dari tanah atau kotoran kemudian rebus dengan air secukupnya sampai matang dan empuk. Kupas kulitnya, tumbuk ubi sampai halus kemudian campur rata dengan tepung. Uleni dengan tangan sampai rata serta gabungan menjadi kalis dan gampang dibentuk.
  2. Ambil sedikit-sedikit gabungan kemudian bentuk bulat-bulat sebesar kelerang, dapat juga kotak atau sesuaikan selera saja.
  3. Didihkan 1 liter air,  masukkan gula merah, garam, vanili dan daun pandan kemudian tunggu sampai mendidih dan gula larut. Masukkan adonan-adonan yang sudah dibuat tadi serta masak sampai mengapung, sesudah itu tuang santan kemudian aduk-aduk sampai matang. Matikan api, tuang dalam mangkuk saji dan siap untuk dihidangkan.

You might like

About the Author: Denny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *