10 Manfaat Anggrek Merpati Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

1 Like comments off

Anggrek yang populer dengan keindahan dan keharumannya mempunyai banyak varian salah satunya ialah anggrek merpati. Dinamai anggrek merpati lantaran bunganya berwarna putih dan terlihat ibarat sekumpulan merpati yang sedang terbang. Pemilik nama latin dendrobium crumenatum ini sanggup dikenali dari potongan sepal dan petalnya yang berwarna putih. Demikian pula dengan warna labellum atau lidahnya yang juga berwarna putih dengan sedikit warna kekuningan yang membuatnya semakin cocok dinamai anggrek merpati.

10 Manfaat Anggrek Merpati Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Tidak ibarat beberapa spesies anggrek lainnya yang terancam langka, anggrek merpati sanggup ditemukan dengan gampang di aneka macam tempat di Asia ibarat Indonesia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Tumbuhan ini bersifat epifit sehingga meskipun hidup menumpang pada beberapa jenis tumbuhan lain namun ia tidak mengambil makanan dari inangnya tersebut.

Seperti anggrek hitam anggrek merpati tidak hanya manis dan harum namun juga bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Ini disebabkan oleh kandungan beberapa senyawa yang terkandung dalam tumbuhan ini diantaranya kardenolin, polifenol, alkaloid mikelarbina dan liriodenina, serta flavonoid. Berikut beberapa penyakit yang sanggup diatasi dengan mengonsumsi ramuan anggrek merpati:

1. Mengatasi penyakit kanker otak

Kanker atau tumor ganas yang menyerang otak menciptakan penderitanya mengalami gejala-gejala ibarat gampang mengantuk, lelah berlebihan, muntah, serta gangguan berjalan, penglihatan, dan bicara. Selain memakai pengobatan medis kita juga sanggup mengatasi penyakit ini memakai ramuan materi alami ibarat anggrek merpati sehingga lebih minim pengaruh samping. Yaitu dengan meminum air perasan bunga, batang, akar, dan daun anggrek merpati yang sebelumnya telah dicuci higienis dan ditumbuk sehingga sari patinya keluar.

2. Mengatasi batuk kering

Meskipun secara umum batuk kering sanggup sembuh dengan sendirinya namun penyakit ini sungguh menyiksa lantaran menciptakan tenggorokan terasa sakit. Jika enggan mengonsumsi obat-obatan medis anda sanggup mencoba minum air perasan sekitar 50 gram anggrek merpati yang sebelumya sudah dicuci higienis dan ditumbuk. Dengan rutin meminum ramuan ini 3 kali sehari maka batuk kering akan berangsur membaik.

3. Mengatasi rematik

Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian dan ketika kambuh terasa sakit, nyeri, serta diiringi oleh keluhan lainnya ibarat  demam sehingga sangat mengganggu kelancaran kegiatan sehari-hari. Untuk meringankan penyakit ini anda sanggup mengonsumsi air rebusan anggrek merpati. Caranya dengan merebus 60 gram anggrek merpati yang sudah dicuci higienis dengan air sebanyak 400 ml selama lebih kurang 15 menit. Air rebusan ini lalu disaring dan diminum ketika telah dingin. Untuk mendapat keuntungannya air rebusan ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin 2 kali sehari.

4. Mengatasi peradangan

Pembengkakan, rasa panas, dan nyeri merupakan beberapa tanda-tanda terjadinya radang sebagai tanda bahwa kekebalan tubuh sedang bereaksi terhadap infeksi dan iritasi. Ini menunjukan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang bekerja. Meskipun demikian peradangan tetap harus diatasi untuk menghilangkan dampak atau rasa sakitnya salah satunya dengan mengonsumsi air perasan anggrek merpati. Dengan melakukannya secara rutin 3 kali sehari radang yang anda rasakan akan berangsur pulih.

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat yang tumbuh di wajah atau potongan tubuh lainnya sangat mengganggu penampilan sehingga orang akan berusaha menghilangkannya secepat mungkin dengan aneka macam cara baik secara alami atau dengan memanfaatkan obat-obatan medis. Salah satu cara alami yang sanggup ditempuh ialah dengan memanfaatkan ramuan anggrek merpati.

6. Mengobati sakit pada telinga

Anggrek merpati juga kerap dimanfaatkan untuk mengobati sakit pada telinga. Caranya dengan menjadikan ramuan anggrek melati sebagai obat tetes pada telinga.

7. Mengatasi kolera

Buruknya sanitasi biasanya menjadi penyebab mewabahnya penyakit kolera di suatu tempat. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami diare yang sangat parah sampai sanggup mengakibatkan kehilangan cairan tubuh dan jikalau tidak ditangani dengan baik sanggup menjadikan kematian. Oleh lantaran itu penting untuk menangani penderita kolera secara cepat dan sempurna ibarat memakai manfaat oralit sehingga penderita terhindar dari dehidrasi. Selain itu sanggup juga dengan memanfaatkan ramuan dari anggrek merpati

8. Mengatasi amis tubuh dan ketiak

Memiliki aroma tubuh yang kurang sedap mungkin tidak terdengar berbahaya. Namun gangguan ini sungguh mengganggu kepercayaan diri seseorang. Selain dengan menerapkan contoh hidup bersih, mandi dua kali sehari, dan memakai deodoran kita juga sanggup memanfaatkan anggrek merpati untuk mengatasi hal ini. Caranya dengan merebus anggrek merpati dan menggunakannya sebagai air mandi.

9. Mengatasi bronkitis atau radang kanal pernapasan

Timbulnya bronkitis disebabkan oleh adanya infeksi pada kanal pernapasan sehingga terjadi peradangan. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya mengalami tanda-tanda batuk yang disertai lendir berwarna hijau atau kuning abu-abu, sesak napas, dada terasa sakit, demam ringan, kelelahan, hidung beringus, dan tenggorokan terasa sakit. Untuk mengatasi penyakit ini kita juga sanggup memanfaatkan anggrek merpati. Caranya dengan menciptakan rebusan dari daun anggrek merpati sebanyak 25 gram, kulit jeruk mandarin yang sudah kering sebanyak 10 gram, dan umbi bunga lili sebanyak 10 gram. Semuanya direbus dengan 300 cc air sampai tersisa 2/3 nya. Tambahkan madu dan minum ketika masih hangat.

10. Mengatasi keputihan

Pada dasarnya keputihan merupakan sesuatu yang normal dan umumnya terjadi sebelum dan setelah menstruasi serta mempunyai karakteristik ibarat berwarna bening, tidak berbau, serta tidak menimbulkan rasa gatal. Namun jikalau keputihan sudah memperlihatkan tanda-tanda tidak normal ibarat berwarna kekuningan atau kehijauan, disertai rasa gatal, berbau, serta terjadi terus-menerus maka hal ini patut diwaspadai sebagai keputihan yang tidak normal. Untuk mengatasinya sanggup dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan dari gabungan 40 gram anggrek merpati, kulit delima kering sebanyak 10 gram, serta 50 gram jali. Air rebusan diminum ketika masih hangat sementara jalinya dimakan.

Sangat bermanfaat bukan? Ini ia tumbuhan nan cantik, gampang didapat, serta kaya manfaat. Oleh lantaran itu jikalau anda melihat tumbuhan ini di sekitar anda sebaiknya jangan dibuang atau ditebang. Lebih baik dibiarkan atau dipelihara sehingga jikalau sewaktu-waktu diperlukan sanggup pribadi dimanfaatkan.

You might like

About the Author: Denny